Search

Tiongkok Bakal Larang Penggunaan Teknologi Asing di Kantor Pemerintah - Katadata.co.id

Tiongkok berencana melarang seluruh kantor pemerintah dan layanan publik mengunakan perangkat lunak dan komputer asing. Langkah baru ini berpotensi mengurangi penjualan perusahaan teknologi AS dan meningkatkan ketegangan perdagangan dengan Negara Ekonomi Terbesar dunia itu.

Dikutip dari Financial Times, Beijing telah memerintahkan semua kantor pemerintah dan lembaga publik untuk mengganti peralatan dan perangkat lunak komputer asing dalam waktu tiga tahun yang berpotensi memukul bisnis HP, Dell, dan Microsoft.  

Arahan ini merupakan instruksi pertama pemerintah yang menargetkan para pembeli Tiongkok menggunakan teknologi dalam negeri sebagai perlawanan atas upaya Presiden AS Donald Trump menggunakan penggunaan teknologi Tiongkok di AS maupun negara sekutunya. Langkah ini dikhawatirkan akan memutus rantai pasokan AS dan Tiongkok.

Awal tahun ini, Washington melarang perusahaan AS untuk berbisnis dengan perusahaan teknologi Tiongkok Huawei. Baru-baru ini, AS juga mengusulkan agar penjualan teknologi ke AS diperiksa untuk alasan keamanan nasional.

(Baca: AS Buka Kans Tunda Tarif Baru ke Tiongkok, Harga Emas Antam Turun)

Meskipun dokumen kebijakan pemerintah Tiongkok bersifat rahasia, karyawan dua perusahaan keamanan cyber yang tak bisa disebut namanya telah mengatakan kepada Financial Times bahwa klien pemerintah telah menginformasikan kebijakan tersebut. Adapun pemerintah Tiongkok hingga kini belum memberikan konfirmasi.

"Tetapi tidak seperti dorongan sebelumnya untuk swasembada dalam teknologi, sanksi AS baru-baru ini telah menambahkan urgensi untuk proyek," kata Paul Triolo dari konsultan Eurasia Group.

Analis di Jefferies memperkirakan bahwa perusahaan teknologi AS menghasilkan pendapatan sebesar US$ 150 miliar per tahun dari Tiongkok, meskipun sebagian besar dari sektor swasta.

Saat ini, sebagian besar perangkat keras komputer di kantor pemerintahan Tiongkok sudah menggunakan Lenovo. Adapun analis menilai sulit bagi pemerintah untuk mengganti perangkat lunak dengan buatan domestik karena sebagian besar vendor perangkat lunak dikembangkan perusahaan AS, seperti Microsoft Windows dan MacOS Apple.

(Baca: Dinamika Perdagangan AS-Tiongkok Bawa Harga Minyak Merosot)

Meskipun Microsoft memang menghasilkan "Edisi Pemerintah Tiongkok" Windows 10 pada 2017 dengan perusahaan patungan Negara tersebut, pemerintah Tiongkok memastikan akan pindah ke sistem operasi sepenuhnya buatan domestik.

Sistem operasi buatan Tiongkok, seperti Kylin OS, memiliki ekosistem yang jauh lebih kecil dari pengembang yang memproduksi perangkat lunak yang kompatibel.

Mendefinisikan "buatan dalam negeri" juga menjadi tandatangan. Meskipun Lenovo adalah perusahaan milik Tiongkok yang merakit banyak produk di dalam negeri, chip prosesor komputernya dibuat oleh Intel dan hard drive-nya oleh Samsung.

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
December 10, 2019 at 10:36AM
https://ift.tt/2E1jSNF

Tiongkok Bakal Larang Penggunaan Teknologi Asing di Kantor Pemerintah - Katadata.co.id
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tiongkok Bakal Larang Penggunaan Teknologi Asing di Kantor Pemerintah - Katadata.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.