Search

Teknologi Membuat Tugas Ibu Semakin Banyak - RMOL Banten

RMOLBANTEN. Peran kaum ibu semakin meningkat seiring perkembangan teknologi yang ada. Tidak hanya mengetahui kondisi di dalam rumah, namun seorang ibu juga dituntut memahami kebutuhan dan keinginan setiap anggota keluarga.


Demikian disampaikan Ketua TP PKK Kota Binjai, Lisa Andriani, saat menyampaikan ‘orasi perempuan’ pada Malam Apresiasi Perempuan Baktiku Untuk Ibu” di Pendopo Umar Baki, Binjai, Selasa (17/12).
 
"Pekerjaan ibu semakin berat seiring perkembangan teknologi, perubahan cara pandang dan keinginan zaman yang berubah-ubah,” katanya.
 
Menurut Lisa, di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, ibu-ibu juga bisa merasakan dampaknya secara langsung bagi keluarga.

Kata Lisa, beragam tantangan dan persoalan muncul. Bahkan anomali dan penyimpangan sebagai dampak dari teknologi tersebut tidak jarang membuat konflik ditengah keluarga.

Distorsi teknologi, kata Lisa, yang memberi efek pada pola komunikasi menjadi hal yang pada satu sisi harus disikapi dengan bijak oleh seorang ibu.

"Ketidaktahuan dan gagap teknologi menyebabkan kerusakan tidak hanya terjadi dalam terapan dan cara berkomunikasi. Distorsi membangun keakraban akan menyebabkan kelalaian sehingga rumah menjadi arena pertempuran bagi semua penghuninya," terangnya.

"Itu semestinya tidak perlu terjadi, jika seorang perempuan dan para ibu memahami esensi penemuan dan perkembangan teknologi serta aplikasi dan penerapannya,” sambung Lisa.

Teknologi, kata Lisa, harus mampu dimanfaatkan kaum ibu untuk memberikan peran lebih dalam mendukung keluarga mulai dari aspek ekonomi.

Sejatinya, ternag Lisa, kalangan ibu di Kota Binjai sudah jauh lebih dulu bertransformasi dalam menopang roda perekonomian jauh sebelum revolusi industri 4.0 didengungkan.

Dan ia berharap, percepatan laju ekonomi akan semakin kencang dengan perkembangan teknologi yang juga semakin canggih.

"Bila dulu perempuan dan para ibu di Binjai yang memang tangguh ini bisa memproduksi 20 porsi makanan lauk pauk di sebuah rumah makan, kini dengan teknologi, produktifitas itu bisa meningkat berkali-kali lipat," katanya.

"Menguasai dan memaksimalkan teknologi bisa menciptakan banyak peluang dan pasar-pasar alternatif yang tentu saja semakin mengokohkan roda ekonomi keluarga. Sehingga bukan tidak mungkin saat ini banyak kaum ibu yang justru menjadi tulang punggung keluarga,” demikian Lisa. [dzk]

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
December 18, 2019 at 09:15PM
https://ift.tt/38L8uUp

Teknologi Membuat Tugas Ibu Semakin Banyak - RMOL Banten
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Teknologi Membuat Tugas Ibu Semakin Banyak - RMOL Banten"

Post a Comment

Powered by Blogger.