Search

Kemenristek Akan Danai Riset tentang Sampah | Teknologi - Gatra

Sleman, Gatra.com - Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro berjanji pihaknya akan memberi dukungan pendanaan langsung terhadap riset yang menghasilkan inovasi dan teknologi penanganan sampah.

“Sesuai pesan Presiden Joko Widodo, bahwa kami diminta mendorong riset dan penelitian yang menghasilkan teknologi tinggi dari kalangan akademik sesuai kebutuhan masyarakat. Saat ini sampah menjadi perhatian pemerintah,” jelasnya, Rabu (18/12) di Universitas Gadjah Mada, Sleman.

Bambang hadir di UGM untuk memberikan kuliah umum dengan tajuk 'Strategi dan Arah Kebijakan Kemeristek/BRIN Dalam Pengembangan Iptek dan Inovasi’.

Bagi Bambang, maraknya permasalahan sampah di banyak daerah menjadi perhatian dan dibutuhkan inovasi teknologi untuk penanganannya. Karena itulah, kementerian akan memberikan pendanaan langsung terhadap prototipe dan penerapan teknologi terkait penanganan sampah.

Ia lantas menyatakan inovasi dan penerapan teknologi penanganan sampah ini sejalan dengan program prioritas riset 2020-2024 yang digalakkan Kemenristek.

“Di Kementerian kami sudah menganggarkan Rp2,7 triliun untuk mendorong riset dan penelitian. Ini belum lagi dengan anggaran yang diterima lembaga non-kementerian yang totalnya bisa mencapai Rp10-15 triliun,” katanya.

Dengan bantuan riset ini, Kemenristek berharap segala penelitian oleh akademisi tidak hanya bertumpu pada kebutuhan peneliti dan industri, tetapi juga pada permasalahan utama yang dihadapi masyarakat.

Di sisi lain, Bambang meminta masyarakat atau lembaga swasta mengonsultasikan temuan mereka kepada Kemenristek untuk dievaluasi. Hal ini agar produk atau temuan mereka bisa memenuhi regulasi dan izin edar.

“Kami sangat menghargai temuan yang dilakukan masyarakat dan memiliki banyak manfaat. Namun kami memiliki standar yang harus dipenuhi, terutama untuk produk-produk kesehatan atau pangan,” jelasnya.

Bambang menyatakan pemerintah tidak menutup pintu atau mempersulit. Bahkan dalam proses konsultasi dan evaluasi di Kemenristek, ada peluang riset itu dikerjasamakan dengan pihak swasta. 


Reporter: Kukuh Setyono
Editor: A. Hernawan


Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
December 18, 2019 at 05:46PM
https://ift.tt/2r1S88G

Kemenristek Akan Danai Riset tentang Sampah | Teknologi - Gatra
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenristek Akan Danai Riset tentang Sampah | Teknologi - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.