Search

UMKM Kuasai Teknologi, Produk Impor Bakal Berkurang? - Okezone Economy

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengungkapkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus bisa masuk pada pasar teknologi. Karena, banyak sektor teknologi yang saat ini masih impor dari negara lain. Hal itu dapat menjadi peluang baru bagi UMKM.

Baca Juga: UMKM Jangan Hanya Mengurus Keripik dan Batu Akik, Teten: Kapan Naiknya?

Menurutnya, beberapa teknologi yang bisa dikerjakan oleh pelaku UMKM, seperti alat di bidang kesehatan, alat pengupas kulit cherry kopi, alat pengolahan beras dan pengolahan sampah yang masih impor.

"Banyak teknologi yang sederhana sampai tinggi bisa dikerjakan oleh UMKM. Mulai dari software, teknologi pertanian. Saya terlibat banyak tentang perkopian, alat-alat pengupas cherry kopi juga masih impor dari Kolombia. Sama juga di perusahaan beras, jagung, pengolahan data sampah itu juga masih impor," ujar dia di Gedung SMESCO, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Baca Juga: Barang Impor Rp45.000 Kena Pajak, UMKM Bakal Untung?

Teten menekankan pentingnya UMKM untuk mengarah ke komoditi unggul dengan diproduksinya teknologi oleh UMKM. "Hal tersebut bisa pelan-pelan menyelesaikan persoalan impor yang terus menerus terjadi," ujarnya.

Teten juga berharap infrastruktur, ekosistem, pembiayaan, daya dukung dan Sumber Daya Manusia mendukung agar UMKM juga dapat memiliki riset dan pengembangan sendiri.

"Tentunya, pemerintah akan melengkapi dari sektor lainnya," katanya.

(dni)

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
December 26, 2019 at 05:10PM
https://ift.tt/378t2UZ

UMKM Kuasai Teknologi, Produk Impor Bakal Berkurang? - Okezone Economy
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "UMKM Kuasai Teknologi, Produk Impor Bakal Berkurang? - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.