Search

8 Fakta Menarik Teknologi TCM, Tambal Jalan Rusak dengan Cepat dan Murah - Okezone Economy

JAKARTA - Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan berbagai persoalan. Salah satunya kerusakan jalan. Hal ini sontak ditanggapi sigap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pada musim penghujan dengan intensitas curah hujan ekstrim, potensi jalan berlubang akan meningkat, mengingat sifat air sebagai pelarut. Salah satunya adalah bisa melarutkan material penyusun jalan seperti aspal, kerikil, dan agregat.

Baca Juga: Menteri Basuki Tambal Jalan Rusak dengan Teknologi TCM, Apa Itu?

Oleh karenanya, menanggapi persoalan ini Kementerian PUPR melalui Pusat Litbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan) menciptakan Teknologi Tambalan Cepat Mantap (TCM) Teknologi yang digadang dapat menjadi solusi persoalan kerusakan jalan pasca banjir.

Pada Minggu (2/2/2020), Okezone merangkum fakta TCM teknologi untuk tambal jalan.

 

1. Hasil Riset Balitbang PUPR

TCM Teknologi ini merupakan hasil kembangan oleh Pusat Litbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Kementerian PUPR atas arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Basuki mendorong para peneliti ysng bertugas di Balitbang Kementerian PUPR untuk menciptakan produk riset yang dapat diterapkan guna mendukung kebijakan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur di Indonesia.

“Untuk mampu bersaing dalam konteks global, produk hasil penelitian Balitbang PUPR harus lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik kualitasnya. Hasil penelitian harus dapat digunakan utamanya oleh Kementerian PUPR,” ujarnya mengutip dari halaman Kementerian PUPR, Minggu (2/2/2020).

 

2. Dikenalkan Sejak Desember 2014

Ternyata TCM bukanlah teknologi baru yang ada di Indonesia. TCM Teknologi pertama diperkenalkan kepada publik sejak Desember 2014.

 

3. TCM: Campuran Aspal Panas dan Dingin

TCM merupakan perpaduan dari bahan campuran aspal panas (hot mix asphalt) dengan campuran aspal dingin (cold mix asphalt) yang telah di campur dengan aditif. Kemudian pengemasannya secara pabrikasi.

4. Hanya Butuh 1 Jam Perbaikan Jalan Menggunakan TCM

Penggunaan TCM sangatlah mudah. Setelah kemasan dibuka, TCM dapat langsung dihampar dan dipadatkan dengan beban lalu lintas atau pemadat ringan (hand stamper). Waktu perbaikan jalan hanya memakan waktu kurang lebih satu jam dengan digunakannya TCM Teknologi ini.

 Aspal

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
February 02, 2020 at 07:27AM
https://ift.tt/2Uh7ORN

8 Fakta Menarik Teknologi TCM, Tambal Jalan Rusak dengan Cepat dan Murah - Okezone Economy
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "8 Fakta Menarik Teknologi TCM, Tambal Jalan Rusak dengan Cepat dan Murah - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.