Search

Honda mengenalkan teknologi terbaru ESAF - Jawa Pos

Salah satu pinsip berkendara adalah mengendalikan kendaraan, bukan sebaliknya. Motor harus mendukung hal tersebut. Lewat kemudahan akselerasi, deselerasi, menikung, dan mengerem. Semuanya bisa dilakukan dalam keadaan stabil.

Mencapai kemampuan itu, perlu rangka yang mudah didesain, rigid (kaku), kuat menahan beban, serta mampu meredam tekanan dan getaran. Rangka berperan sebagai struktur utama. Sebagai pemegang bodi, mesin, lengan ayun, suspensi beserta komponennya, dan membentuk karakter pengendalian motor. Seperti caster, trail, radius belok, sudut suspensi, dan panjang sumbu roda.

Penggunaan rangka kaku, kuat, dan mampu menahan getaran identik dengan bahan tebal. Tidak mudah melengkung dan pastinya berat. Namun, di satu sisi, bahan yang berat merupakan musuh dalam hal pengendalian. Berat dapat mengurangi kelincahan motor. Menguras tenaga pengendara. Bahkan menyebabkan motor boros bahan bakar.

Oleh karena itu, Honda mengenalkan teknologi terbaru, yaitu enhanced smart architecture frame (ESAF). Lewat rekayasa arsitektur, memudahkan penataan ruang sesuai kebutuhan. Memudahkan analisa pembagian beban, tekanan, dan titik berat kendaraan. Sehingga mampu mereduksi bobot rangka tanpa mengurangi kekuatan. Justru menambah kemampuan menahan beban.

Penerapan teknologi ESAF di motor, memudahkan pengendara mengendalikannya. Lebih lincah tanpa khawatir terjadinya perubahan bentuk (deformasi) rangka. Lebih kuat menahan beban dan tekanan.

Sekaligus hemat bahan bakar. Teknologi ini diperkenalkan dan dipasang di sepeda motor Honda keluaran terbaru. Yakni Honda Genio dan Honda BeAT keluaran 2020. “Sudah pasti potensi keselamatan dan keamanan berkendara dari faktor kendaraan meningkat. Sebab bikers jadi lebih fokus dalam berkendara dan memprediksi bahaya di jalan raya. Tenaganya tidak banyak terbuang akibat beban rangka motor. Tentunya, jadi makin# Cari_Aman ya,” ujar Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto. (adv/fer)

(rs/bay/bay/JPR)

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
February 22, 2020 at 09:16AM
https://ift.tt/37RGE74

Honda mengenalkan teknologi terbaru ESAF - Jawa Pos
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Honda mengenalkan teknologi terbaru ESAF - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.