Search

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan Teknologi Modern - Suara.com

Suara.com - Bagi Anda yang mengikuti layanan BPJS Kesehatan mandiri sudah pasti diharuskan untuk melakukan pembayaran bulanan sesuai tagihan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Besaran tagihan setiap bulannya bisa Anda pantau dengan mudah. Di zaman yang serba digital ini semua informasi terkait BPJS bisa di dapat dengan mudah.

Seperti halnya dengan layanan lainnya BPJS Kesehatan juga sudah mengikuti perkembangan dunia informatika dengan mengahadirkan fitur-fitur yang memudahkan para pemakai layanan BPJS. Berikut ini adalah beberapa cara cek tagihan BPJS Kesehatan :

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

1. Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Web Resmi

BPJS Kesehatan memiliki situs resmi yang bisa Anda kunjungi. Dengan adanya situs ini Anda bisa melakukan pengecekan kapan pun dan di mana pun dengan jaringan internet. Situs resmi yang bisa Anda kunjungi yaitu pada laman berikut. Di web resmi BPJS ini ada beberapa informasi yang bisa Anda kelola atau dapatkan.

Untuk langkah melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke alamat web resmi BPJS Kesehatan
  • Apabila sudah masuk di halaman utama website, arahkan ke sebelah kiri lalu klik pada menu "cek iuran BPJS Kesehatan"
  • Setelah halaman baru muncul pada layar, Anda akan diminta mengisi dua kolom yang terdiri dari "Nomor Kartu" dan "Tanggal Lahir" Anda sebagai pemegang kartu BPJS Kesehatan.
  • Apabila sudah mengisi kedua kolom tersebut, maka Anda harus mengetikan angka validasi yang tertera di sana. Setelah itu langsung klik “cek”.
  • Rincian pembayaran Anda akan muncul pada layar, yang terdiri dari rincian pembayaran yang telah dibayarkan dan belum dibayarkan.

2. Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Untuk memudahkan pengecekan dan melihat fitur-fitur lain dari BPJS Kesehatan Anda juga bisa mengunduh aplikasi mobile JKN. Aplikasi JKN merupakan bentuk transformasi digital model BPJS Kesehatan yang pada awalnya merupakan kegiatan adminstratif di kantor fasilitas kesehtan, berubah menjadi ke dalam bentuk aplikasi.

Cara mengecek tagihan BPJS kesehatan lewat aplikasi JKN:

  • Anda bisa memulai dengan mengunduh aplikasi mobile JKN dari ponsel android Anda. Bisa melalui Google Play Store atau App Store kemudian cari di kolom pencarian aplikasi JKN.
  • Setelah berhasil untuk mendownload Anda bisa registrasi untuk membuat akun
  • Jika proses registrasi telah berhasil dilakukan maka Anda bisa masuk ke akun mobile JKN Anda
  • Untuk bisa mengetahui tagihan Anda, pilih menu Tagihan, lalu Premi
  • Nanti akan tertera informasi tagihan dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

3. Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalu SMS Gateway

Bagi Anda yang terkendala dengan jaringan internet atau minim akses internet, bisa juga melakukan cek tagihan BPJS melalui SMS Gateway. Pemerintah memberikan kemudahan bagi pengguna layanan BPJS melalui layanan SMS.

Layanan SMS Gateway ini tentu akan memudahkan Anda dan juga para pengguna BPJS lainnya yang tidak atau jarang menggunakan layanan internet dalam keseharian mereka. Layanan ini bisa diakses dengan jaringan seluler di nomor 08777 5500 400.

Banyak informasi mengenai layanan BPJS kesehatan yang bisa Anda gunakan dan diakses dengan nomor tersebut, salah satunya adalah jumlah tagihan bulanan yang harus dibayarkan dan jumlah denda yang dikenakan (apabila Anda terdapat tunggakan pada bulan-bulan sebelumnya).

Informasi tentang tagihan BPJS Kesehatan Anda itu bisa diakses dengan menggunakan salah satu data diri Anda, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai yang Anda miliki.

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
February 08, 2020 at 11:36AM
https://ift.tt/3753eZL

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan Teknologi Modern - Suara.com
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan Teknologi Modern - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.