Search

BPPT Dorong Teknologi Air Siap Minum di Kampus Al Azhar Medan - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan BPPT mendorong penerapan teknologi Air Siap Minum (Arsinum) di kampus Universitas Al Azhar Medan dengan kapasitas produksi mencapai 5.000 liter per hari.

Teknologi ini diyakini mampu mengantisipasi bencana kekeringan yang biasa melanda sejumlah daerah di tanah air karena sebelumnya telah diterapkan di daerah lainnya, meliputi daerah terpencil, kampus, sekolah, perkantoran, pesantren hingga daerah terdampak bencana.

"Teknologi Arsinum ini merupakan hasil karya peneliti dan perekayasa dari BPPT yang juga telah diterapkan juga di berbagai tempat di seluruh Indonesia," kata dalam acara peresmian instalasi Arsinum di Universitas Al Azhar Medan, Selasa, 19 November 2019.

Hammam menjelaskan, teknologi Arsinum terdiri dari dua bagian besar yaitu unit pre-treatment dan unit utama. "Unit pre-treatment terdiri dari unit filter multimedia yang dilengkapi dengan sistem sterilisasi secara kimia. Sedangkan unit utama terdiri dari unit ultrafiltrasi, reverse osmosis (RO) dan ultraviolet," papar Hammam.

Unit ultrafiltrasi, reverse osmosis (RO) serta ultraviolet ini tidak hanya mampu menghilangkan partikel terlarut, namun juga mikroba yang tidak diinginkan, sehingga produk yang dihasilkan nantinya higienis dan bisa langsung diminum karena memenuhi persyaratan kualitas air minum yang sesuai dengan Permenkes Nomor 492 Tahun 2010.

Hammam berharap pemasangan teknologi Arsinum ini mampu memenuhi kebutuhan kampus tersebut dan menjadi wujud dukungan BPPT terhadap teknologi tepat guna. "Pemasangan unit Arsinum ini diharapkan dapat menenuhi kebutuhan air minum bagi para civitas akademika Universitas Al Azhar Medan," pungkas Hammam.

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
November 20, 2019 at 12:01AM
https://ift.tt/334sJbo

BPPT Dorong Teknologi Air Siap Minum di Kampus Al Azhar Medan - Tempo
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BPPT Dorong Teknologi Air Siap Minum di Kampus Al Azhar Medan - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.