Search

Khofifah Ingin RS di Jatim Terapkan Teknologi Temenin, Apa Itu? - Detiknews

Surabaya - Gubernur Khofifah Indar Parawansa berharap rumah sakit di Jatim memberi pelayanan terbaik bagi pasien. Untuk itu, dia ingin seluruh RS menerapkan teknologi Temenin. Apa itu?

Temenin adalah Telemedicine Indonesia, yakni penggunaan telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak jauh. Aplikasi Telemedicine ini menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi antara fasilitas-fasilitas kesehatan di dua negara dan memakai peralatan video conference.

Khofifah menerangkan Telemedicine sedang dikembangkan di dua rumah sakit di Jawa Timur, yakni RSU Dr Soetomo dan RSU Haji Surabaya, sebagai rumah sakit pengampu penyelenggara uji coba yang ditetapkan langsung oleh Kemenkes.

Dua rumah sakit ini dipilih sebagai penyelenggara program pelayanan Telemedicine berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No HK: 01.07/MENKES/682/2019 pada Oktober 2019.

Sebelumnya, penetapan RSU Dr Soetomo sebagai rumah sakit pengampu Telemedicine nasional tak terlepas dari statusnya sebagai pusat rujukan nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/MENKES/390/2014 tentang Pedoman Penetapan Rumah Sakit Rujukan Nasional.

"Ke depan, dengan tantangan di bidang layanan kesehatan, seperti masalah antrean dan tunggu operasi, kami akan menerapkan program pelayanan Telemedicine di sel-sel rumah sakit yang ada di Jawa Timur," kata Gubernur Khofifah di Jakarta, Kamis (14/11/2019).


Khofifah menambahkan pedoman pelayanan clinical guideline untuk Telemedicine di rumah sakit Jatim ini akan disusun bersama, sehingga metode pelayanan penyakit tertentu akan relatif sama di setiap RS.

"Harapannya, rumah sakit Jawa Timur menjadi jejaring pelayanan tingkat lanjut yang terjaga mutunya. Rumah sakit dengan tipe A dapat membantu proktoring pada rumah sakit tipe A lain atau di bawahnya. Sistem ini sudah dilakukan di RSUD Dr Soetomo dengan RSAL untuk pasien bedah saraf dan terbukti bisa saling membantu dalam mengatasi antrean pasien," imbuh Khofifah.

Selain itu, Khofifah memaparkan kondisi geografis Jawa Timur yang sangat luas sering menjadi barrier tersendiri untuk memeratakan pelayanan kesehatan. Tak hanya itu, ketidakmerataan fasilitas dan tenaga profesional kesehatan juga menyebabkan variasi dalam status kesehatan masyarakat.

Untuk itu, Khofifah berharap revolusi teknologi inovatif yang dikenal dengan Telemedicine ini bisa dimanfaatkan baik oleh masyarakat. Nantinya, masyarakat bisa melakukan konsultasi jarak jauh terkait kondisi klinis, radiologi, EKG, hingga USG.

Telekonsultasi ini juga bisa dilakukan jarak jauh antardokter terkait pengobatan pasien. Hal ini dianggap sebagai salah satu solusi mengatasi tantangan dunia kesehatan.

Selain itu, Khofifah menyebut, dengan Telemedicine, insiden penyakit, profil kesehatan, serta sistem rujukan berjenjang dan terstruktur dapat dilakukan dengan tepat dan cepat. Angka keparahan dan kematian pun dapat diturunkan dan harapan hidup dapat ditingkatkan.

"Karena itu, diharapkan semua rumah sakit dan pelayanan kesehatan di Jawa Timur dapat segera mengikuti program Telemedicine Indonesia atau Temenin, sehingga Nawa Bhakti Satya untuk Jatim Cerdas dan Sehat dapat segera terwujud di Jawa Timur," pungkasnya.
(hil/fat)

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
November 14, 2019 at 04:13PM
https://ift.tt/377ROFy

Khofifah Ingin RS di Jatim Terapkan Teknologi Temenin, Apa Itu? - Detiknews
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Khofifah Ingin RS di Jatim Terapkan Teknologi Temenin, Apa Itu? - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.