TRIBUNNEWS.COM - Kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan pada peradaban manusia. Hal ini membawa tren baru dimana hampir semua orang selalu memanfaatkan teknologi seperti berkomunikasi melalui social media,berbelanja lewat e commerce atau mencari tahu informasi lewat internet. Para pelaku bisnis pun mulai menyadari kekuatan yang muncuk dibalik perkembangan teknologi ini.
Teknologi telah memberikan media yang lebih cepat dan efektif untuk berkomunikasi dengan calon customer. Akhirnya pemanfaatan digital marketing menjadi fenomena baru ditandai dengan perusahaan berlomba lomba membangun brand melalui pembuatan media sosial, website,dll.
Baca: Rangkaian Solusi Jaringan Wi-Fi hingga Kamera Keamanan
Menurut data yang dilansir dari e-marketer.com, tahun ini jumlah digital advertising dunia mencapai 333 billion dolar USyang berarti telah mencapai setengah dari jumlah uang yang dikeluarkan dunia untuk periklanan dan dipredikisi akan terus naik hingga tahun 2023.Dan di indonesia sendiri,
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan 54,7% populasi Indonesia adalah pengguna internet dan dari angka tersebut, 79% merupakan pengguna aktif yang mengakses internet setiap hari.
Tentunya kondisi di indonesia sendiri sangat mendukung pelaksanaan digital marketing. hal ini juga bukan dilakukan bukan tanpa tujuan. Dalam bukunya, Dishek menyebutkan bahwa digital marketing dapat membantu para marketers menaikkan sales dan ROI.
Digital marketing sendiri adalah teknik marketing yang dilakukan melalui teknologi digital termasuk internet dan telefon seluler. Contohnya seperti search engines, media sosial, email, dan websites untuk membangun koneksi dengan customer.
Digital marketing ini membawa banyak manfaat, salah satunya kepada bisnis di real estate. Para pelaku bisnis di real estate memanfaatkan kemudahan yang diberikan internet untuk memberikan customer service sekaligus menekan cost advertising yang ada.
Karna sifat real estate adalah investasi yang panjang, customer pasti akan mempertimbangkan banyak hal mulai dari lokasi, harga, dan faktor lainnya. Hal itu dapat dengan mudah didapatkan dimana hampir semua informasi dapat ditemukan melalui internet.
Real estate marketers dapat memberikan personalized customer supportkepada customer layaknya datang ke marketing gallery melalui online chat seperti merekomendasikan tipe properti sesuai budget dan kebutuhan customer.
Customer tidak harus lagi repot datang ke Marketing Gallery lalu mengambil brosur yang dipenuhi dengan gambar serta model properti. Mereka dapat mengakses semua itu melalui internet dan bertanya secara langsung via online kapan-pun dan dimana-pun.
Contohnya seperti yang dilakukan oleh CitraLand Cibubur, salah satu developer perumahan dibawah naungan developer real estate ternama di Indonesia yaitu Ciputra Group yang terletak dikawasan Timur Jakarta, yang menargetkan millennial sebagai potential customer mereka.
Baca: Pengaruh Teknologi Pada Cara Belajar Generasi Z
Dengan melihat tren keterikatan milenial dengan internet, CitraLand Cibubur juga gencar memanfaatkan internet sebagai media promosi. Digital Marketing Specialist CitraLand Cibubur, Winson SP, berpendapat bahwa "Peran Teknologi sebagai media promosi sangat powerful, kita bahkan bisa meningkatkan pemasaran dan menggunakan data yang didapat sebagai insightuntuk membuat planningyang tepat"
Dibantu dengan teknologi search engine optimizationyang memungkinkan untuk melihat history user internet, promosi menjadi tepat sasaran dan efektif contohnya online advertising hanya akan muncul pada user yang pernah mencari tahu tentang rumah di internet sebelumnya.
Digital marketing juga memungkinkan untuk melihat seberapa efektif promosi tersebut baik dari views, number of click dan lain lain sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi dalam mengiklankan melalui media internet.
CitraLand Cibubur juga memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membawa marketing ke jenjang selanjutnya dengan menyediakan virtual tour. Hasil jepretan kamera 360 tersebut, memungkinkan customer dapat berkeliling di prospek bangunan yang diinginkan tanpa harus beranjak dari rumah hanya dengan mengakses websitenya.
Baca: Teknologi vs Humanisme Era 5.0 Society
Dengan berkaca dari apa yang dilakukan CitraLand Cibubur, diharapkan semua bisnis juga dapat memanfaatkan digital marketing sebaik baiknya. (*)
"teknologi" - Google Berita
November 29, 2019 at 10:34AM
https://ift.tt/2R1tCPS
Peran Teknologi pada Marketing - Tribunnews
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Peran Teknologi pada Marketing - Tribunnews"
Post a Comment