Search

Saingi Mobil Listrik, Hyundai Kembangkan Teknologi Anti Bising - Suara.com

Suara.com - Hyundai Group saat ini mengembangkan fitur anti bising yag disebut sebagai Road Noise Active Noise Control (RANC). Dikembangkan di atas teknologi Active Noise Control (ANC), produsen otomotif asal Korea Selatan ini menyebut sistem yang mereka kembangkan mampu mengurangi kebisingan suara dari mesin, roda, dan jalan.

"RANC adalah teknologi luar biasa yang memberikan tingkat kesenyapan tertinggi bagi pengguna kendaraan," ujar Gangdeok Lee, peneliti di NVH Research Lab, seperti dikutip dari Carscoops.

Hyundai Kona EV atau Hyundai Kona electric dalam Paris Motor Show 2018 [Shutterstock].
Hyundai Kona EV atau Hyundai Kona electric dalam Paris Motor Show 2018 [Shutterstock].

Dijelaskannya, bahwa fitur RANC mampu menganalisis berbagai jenis kebisingan secara real-time dan menghasilkan gelombang suara terbalik. Misalnya, menangkal suara yang dihasilkan roda saat berputar di jalan.

Terkait cara kerja, Hyundai mengandalkan sensor akselerasi untuk menghitung getaran yang dihasilkan mobil saat melaju. Sementara sistem akan menganalisis kebisingan.

Dalam waktu 0,002 detik, sistem komputasi diklaim mampu menganalisa kebisingan dan menghasilkan gelombang suara terbalik yang dihasilkan Digital Signal Processor (DSP).

Menurut Hyundai, RANC mampu mengurangi kebisingan di dalam kabin kendaraan sebesar 3 db. Ke depannya, teknologi ini disebut mampu mengurangi bobot mobil berkat pengurangan material peredam suara.

Teknologi ini dikembangkan sebagai sebuah wacana bagi kendaraan masa depan. Ketika mobil dengan sistem pembakaran dihapus, kebisingan kendaraan datang dari dua sumber, yakni jalan dan angin.

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
November 14, 2019 at 01:00PM
https://ift.tt/372V4Cj

Saingi Mobil Listrik, Hyundai Kembangkan Teknologi Anti Bising - Suara.com
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saingi Mobil Listrik, Hyundai Kembangkan Teknologi Anti Bising - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.