Search

Mochtar Riady: E-Commerce Fokus Teknologi Pasti Gagal - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Lippo Group Mochtar Riady membagikan pengalamannya soal kegagalan e-Commerce miliknya, MatahariMall.com dan berharap para e-commerce lain seperti Tokopedia, Bukalapak hingga Lazada tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Mochtar Riady mengatakan para e-commerce di tanah air harus hati-hati dan jangan hanya fokus pada teknologi karena teknologi sebenarnya hanya instrumen untuk menyampaikan informasi saja.


"Barang yang dijualbelikan itu tetap yang paling utama," ujarnya dalam diskusi Asosiasi Media Siber Indonesia di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Mochtar Riady menambahkan dalam mengembangkan bisnis harus mulai dari kecil kemudian pelan-pelan menjadi besar, tidak bisa perusahaan swasta langsung menjadi besar.

"Bagi swasta harus berhati-hati ketika mulai besar, tetapi rencana kerjanya harus besar. Think big starting from small," terangnya. "Kalau sekarang kita pikirnya kecil starting-nya besar, nah itu pasti gagal."

Mochtar Riady menjelaskan MatahariMall.com gagal karena terlalu fokus pada teknologi dan tidak melakukan segmentasi dengan cepat. Ketika awal pendiriannya manajemen langsung merekrut 300 engineer dan lupa memposisikan diri apakah MatahariMall itu buka toko di internet atau bangun pasar di internet.

"Baik dalam membangun toko atau membangun pasar di internet intinya barang dagangannya bukan engineer-nya," jelasnya.

Asal tahu saja, Lippo memutuskan untuk menggabungkan Mataharimall.com ke dalam Matahari Departement Store dan melakukan rebrand sebagai MATAHARI.com pada akhir November 2019.

Penggabungan ini membuat fokus bisnis toko online ini berubah dari sebelumnya sebagai platform yang menawarkan produk fesyen hingga elektronik dari pihak ketiga menjadi situs untuk memamerkan produk-produk Matahari.

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
November 28, 2019 at 12:31PM
https://ift.tt/2Otdd51

Mochtar Riady: E-Commerce Fokus Teknologi Pasti Gagal - CNBC Indonesia
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mochtar Riady: E-Commerce Fokus Teknologi Pasti Gagal - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.