Search

Sederet Teknologi Temuan Mahaiswa, Ada Pendeteksi Kapal Ilegal - Okezone

JAKARTA – Banyak mahasiswa yang telah menciptakan berbagai teknologi. Mulai dari menciptakan teknologi baru, ada pula yang mengembangkannya menjadi suatu aplikasi yang peruntukannya untuk membantu masyarakat.

Berikut ini beberapa teknologi yang di temukan dan juga yang berhasil dikembangkan mahasiswa, seperti yang rangkum Okezone, Minggu (17/11/2019).

1. Smart-Belts Mahasiswa UI

Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) merancang Smart-Belts yang merupakan sebuah alat terobosan baru yang dapat disematkan ke dalam sabuk pengaman pesawat udara guna meningkatkan keamanan penumpang maskapai penerbangan.

Baca Juga: Pelajari Astronomi, Ini 5 Fakta Venus si Kembaran Bumi

Smart-belts memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) yang mampu mencatat keberadaan dan identitas penumpang serta parameter lainnya sehingga dapat memberikan gambaran mengenai posisi penumpang yang tidak mampu menyelamatkan diri kepada tim evakuasi.

2. Aplikasi m-Health Untuk Mengurangi Angka Kematian Anak-Ibu

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) tengah mengembangkan aplikasi m-Health bagi Bidan dan Kader. Program ini dilakukan untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan ibu dan anak.

Penelitian

Hal ini didasarkan pada tingginya angka kesakitan dan kematian ibu dan anak yang menjadi masalah utama kesehatan masyarakat. mHealth merupakan aplikasi dalam bentuk formulir yang menggunakan platform Open Data Kit (ODK) berbasis android.

Baca Juga: Ciptakan Pegar, Peneliti Utama Balitbang PUPR Dapat Gelar Profesor

Aplikasi ini dilengkapi dengan pengembangan teknologi informasi tepat guna (mobile data collection) yang digunakan oleh kader dan bidan. Tujuannya untuk membantu kader dan bidan dalam mengumpulkan data di lapangan dan mengelola program kesehatan.

3. Radar Deteksi Kapal Asing Ilegal

Kelompok Keahlian (KK) Teknik Telekomunikasi di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB (STEI ITB) berhasil menciptakan teknologi radar pasif. Teknologi ini bisa mendeteksi adanya pesawat asing yang melewati batas negara secara ilegal.

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
November 17, 2019 at 06:24AM
https://ift.tt/2r4ttzV

Sederet Teknologi Temuan Mahaiswa, Ada Pendeteksi Kapal Ilegal - Okezone
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sederet Teknologi Temuan Mahaiswa, Ada Pendeteksi Kapal Ilegal - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.