Search

Seram Bagian Timur Pastikan Layanan JKN-KIS Gunakan Teknologi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia- BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melakukan koordinasi dalam memastikan pelayanan primer lebih baik lagi khususnya dalam hal digitalisasi. Rapat koordinasi dihadiri pihak BPJS Kesehatan Kabupaten SBT, Dinas Kesehatan Kab SBT, dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten SBT, di Bula, Selasa (10/3/2020).

Kabid Pelayanan Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur Punira Kilwalaga mengungkapkan bahwa terdapat kendala belum semua puskesmas di wilayah Kab SBT dapat mengakses jaringan komunikasi data (jarkomdat).

"Dari sembilan belas puskesmas, hanya delapan yang dapat mengakses jarkomdat, sisanya lima puskesmas mengalami gangguan jarkomdat dan enam Puskesmas lainnya belum terpapar jarkomdat," ungkap Punira.


Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur Jemmy Turukay menambahkan, minimnya Puskesmas yang dapat mengakses jarkomdat dapat menghambat operasional Puskesmas.

"Minimnya Puskesmas yang terpapar Jarkomdat ini berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dan laporan pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas. Mulai dari tidak diketahuinya status aktif atau nonaktif peserta JKN-KIS yang berobat di Puskesmas, laporan Kunjungan Rujukan yang masih manual, sampai Klaim Non-Kapitasi yang terlambat karena jarak dari Puskesmas untuk mendapatkan Jarkomdat yang jauh," imbuh Jemmy.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Seram Bagian Timur M. S. Kilwarany mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dalam melibatkan Diskominfo SBT dalam kegiatan tersebut. Menanggapi terkait kendala jarkomdat, Kilwarany menyatakan bahwa pihaknya siap membantu mengatasinya. Pada tahun 2020 ini pemasangan perangkat jarkomdat akan diprioritaskan pada Puskesmas yang belum tersentuh jarkomdat.

"Kami siap membantu, tahun 2020 ini pemasangan jarkomdat akan diprioritaskan pada Puskesmas yang belum tersentuh sama sekali. Sekarang kan sudah Era Revolusi Industri 4.0, jarkomdat sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat. Tahun ini juga merupakan time limit untuk sistem pemerintahan berbasis teknologi informasi, tandasnya.

Ia juga meminta agar segera diberitahukan apabila ada Puskesmas yang mengalami gangguan jarkomdatnya.

"Saya harap dari dinas kesehatan ataupun Puskesmas dapat melaporkan atau memberitahukan jika ada kendala pada jarkomdatnya. Kami juga siap menambah bandwith jika diperlukan," imbuhnya. 

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
March 13, 2020 at 07:18PM
https://ift.tt/3cVYhq7

Seram Bagian Timur Pastikan Layanan JKN-KIS Gunakan Teknologi - CNBC Indonesia
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Seram Bagian Timur Pastikan Layanan JKN-KIS Gunakan Teknologi - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.