Search

Teknologi Antariksa Bisa Bermanfaat untuk Sosialisasi Covid-19 - Tribunnews

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Teknologi satelit bisa dimanfaatkan untuk menyebarluaskan informasi tentang bahaya wabah virus corona (Covid-19).

"Indonesia sudah memiliki 3 satelit yang kategorinya mikro satelit. Yakni satelit LAPAN A1 (Tubsat), LAPAN A2 (Orari), LAPAN A3 (IPB)," ujar  Jasyanto, Humas Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (21/3/2020).

LAPAN A2 atau Orari saat ini sudah mengudara di antariksa, yang salah satu pemanfaatannya memberikan informasi terkait penyebaran virus corona.

"Jadi terkait Corona ini kan informasinya harus sampai ke masyarakat. Kita kerjasama dengan Orari. Orari mempunyai teknologi memberikan informasi kepada masyarakat secara luas melalui orari-orari yang ada di daerah," ujar Jasyanto.

Satelit Orari diluncurkan pada 28 September 2015 dari Bandar Antariksa Satish Dhawan, Sriharikotta, India.

Satelit ini dibuat di Indonesia dengan menggunakan konsultan dari Jerman. Adapun tujuan penggunaan utama satelit ini adalah sebagai mitigasi bencana.

"Dengan LAPAN A2 akan memberikan informasi tentang penyebaran Corona, dan mungkin juga bisa digunakan sebagai sosialisasi. Nah Orari ini akan menyebarkan informasi ke masyarakat," Jasyanto memaparkan.

Heri Budi Wibowo, Peneliti Utama Sistem Proporsi Pusat Teknologi Roket LAPAN, tanpa disadari saat ini hampir semua kegiatan manusia bergantung pada satelit.

Akan tetapi hingga saat ini satu-satunya lembaga Indonesia yang mengelola angkasa hanyalah LAPAN.

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
March 22, 2020 at 09:38AM
https://ift.tt/3bla3sn

Teknologi Antariksa Bisa Bermanfaat untuk Sosialisasi Covid-19 - Tribunnews
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Teknologi Antariksa Bisa Bermanfaat untuk Sosialisasi Covid-19 - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.