Suara.com - Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ternyata memiliki peranan penting bagi keberlangsungan usaha Tokopedia, demikian dikatakan External Communication Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
Ekhel, dalam sebuah seminar yang digelar oleh Forum Wartawan Tekno (Forwat) di Jakarta, Selasa (10/3/2020), mengatakan saat ini AI memiliki manfaat di berbagai sektor bisnis yang digeluti perusahaan rintisan itu.
"AI menjadi sangat penting bagi kami karena implementasinya bisa di-deploy lintas divisi dan platform. Pemanfaatan AI yang tepat guna pada akhirnya bukan solusi bisnis, tapi enabler yang mempertahankan perusahaan," kata Ekhel.
Lebih jauh, Ekhel menjabarkan peranan teknologi AI untuk operasional Tokopedia.
"Kemampuan AI bisa mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Konsolidasi AI juga perlu agar ada keseimbangan antara teknologi dengan sisi bisnis maupun cost dan revenue," tutur dia.
Ia mencontohkan, AI dalam menu pencarian di aplikasi Tokopedia mampu mendorong peningkatan customer experience yang baik. Pada menu smart warehouse, AI bisa dipakai untuk menghadirkan demand prediction.
Tak kalah penting, AI juga bisa menjadi jembatan bagi Tokopedia dan pelanggannya untuk berinteraksi seputar produk maupun penanganan komplain.
"Kami pakai AI pada chatbot untuk meningkatkan layanan customer service tokopedia care," pungkasnya.
"teknologi" - Google Berita
March 10, 2020 at 11:25PM
https://ift.tt/39Ddydy
Tokopedia: Teknologi AI untuk Pertahankan Perusahaan - Suara.com
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Tokopedia: Teknologi AI untuk Pertahankan Perusahaan - Suara.com"
Post a Comment