Search

Kyocera Pamer Teknologi Layar Pesaing OLED - detikInet

Jakarta - Micro-LED adalah jenis panel layar yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing OLED. Baru-baru ini Kyocera memamerkan panel Micro-LED buatannya yang punya tingkat kecerahan sangat tinggi.

Panel ini dipamerkan di ajang CEATEC 2019, sebuah pameran tahunan yang diadakan di Jepang. Panel Micro-LED yang dipamerkan ini merupakan panel berukuran 1,8 inch dengan ketebalan 0,7mm.

Tingkat kecerahan panel yang dipamerkan itu mencapai angka yang sangat tinggi, yaitu 3000 nits. Sebagai perbandingan, panel OLED yang dipakai di iPhone 11 Pro tingkat kecerahannya hanya 1400 nits, sementara Galaxy Note 10+ panelnya hanya mencapai 1500 nits.

Panel dengan tingkat kecerahan lebih tinggi ini akan berguna ketika dipakai di bawah terik matahari, karena makin cerah layarnya maka akan semakin mudah dilihat di tempat terang.
Namun yang perlu diingat, panel milik Kyocera ini masih berupa prototipe dan belum jelas apakah akan diproduksi massal. Namun mereka memastikan kalau panel ini bisa dibuat dengan ukuran maksimal 10 inch.

Kyocera bukan satu-satunya perusahaan yang menggarap teknologi Micro-LED, ada juga Sony, Sharp, dan Samsung yang ikut mengembangkan teknologi ini. Bahkan Samsung sebelumnya sudah pernah memamerkan TV layar besar yang menggunakan panel ini.

Untuk saat ini, kepadatan pixel adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh Micro-LED karena teknologi panelnya masih terbilang baru. Contohnya adalah panel yang dipamerkan Kyocera itu, kepadatan pixelnya hanya 200 ppi, yang sebenarnya sudah lebih besar ketimbang kebanyakan laptop dengan layar 1080p.

Namun jika dibandingkan dengan layar ponsel OLED yang ada saat ini, kepadatan pixel tersebut baru setengahnya, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (17/10/2019).


Micro-LED adalah teknologi yang bisa menantang panel OLED di masa depan. Sama seperti OLED, setiap pixel di Micro-LED bisa menghasilkan cahayanya sendiri, yang artinya juga bisa dimatikan secara terpisah. Jadi panel ini bisa menghasilkan warna hitam yang sama pekatnya dengan panel OLED.

Ditambah lagi, secara teknologi Micro-LED memang jauh lebih cerah ketimbang OLED, dan lebih aman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun panel ini masih membutuhkan waktu untuk bisa memasuki pasar dengan harga yang terjangkau.

Simak Video "Warna-warni Layar OLED LG di CES 2019 yang Memukau"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
October 17, 2019 at 04:32PM
https://ift.tt/33FdhU0

Kyocera Pamer Teknologi Layar Pesaing OLED - detikInet
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kyocera Pamer Teknologi Layar Pesaing OLED - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.