Search

Wamenhan Trenggono: Perang Masa Depan Bukan Lagi Senjata, tapi Virus-Teknologi - Detiknews

Jakarta - Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono memprediksi perang di masa-masa mendatang bukan lagi menggunakan senjata fisik. Menurut dia, virus hingga teknologi artificial intelligence (AI) bakal jadi senjata baru dalam perang di masa depan.

Hal ini dia refleksikan dari pertahanan di negara-negara lain seperti Jepang dan Amerika Serikat (AS). Trenggono mengatakan barangkali Indonesia perlu belajar dari negara-negara itu.

"Saya mencoba untuk merenung. Kalau di negara maju itu bicara tentang pertahanan tidak hanya alutsista. Jadi saya berpikir di Jepang, Amerika, Australia dan negara-negara barat soal pangan itu juga bagian dari pertahanan. Soal kesehatan juga bagian dari pertahan. Kalau alutsista sudah domainnya militer. Saya nggak paham, malah saya mau belajar dari bapak-bapak di sini," kata Trenggono di kantor Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).


Sementara itu, dia sendiri mengaku belum terlalu memahami seluk-beluk bidang pertahanan, khususnya urusan alutsista. Namun, dia mengatakan peran di masa mendatang bakal mengikuti perkembangan teknologi.

"Kalau kita bicara ilmu persenjataan barangkali perang masa depan itu bukan lagi dengan senjata, tetapi virus, penyakit, atau bahkan barangkali yang sekarang ini sudah dengan broadband, teknologi artificial intelligence," kata Trenggono.

Karena itu, ia termotivasi untuk bekerja maksimal. Trenggono mengatakan bakal mengembangkan teknologi pertahanan sesuai perkembangan zaman.

"Nah, sekarang berikutnya dalam konteks pertahanan, apa yang seharusnya kita kembangkan," ujar dia.


Menurutnya, saat ini Indonesia sudah tergolong maju untuk urusan pertahanan. Namun, tantangan yang dihadapi Indonesia adalah wilayahnya yang begitu luas.

"Ini memang sudah sedemikian majunya kita sebagai satu bangsa yang sangat luas. Kalau dari Sabang sampai Merauke itu kalau terbang itu ternyata seperti kita dari Jakarta-Jeddah. Jadi jauh sekali," tutur Trenggono.

Bantu Prabowo, Wahyu Sakti Trenggono Jadi Wamenhan:

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/hri)

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
October 25, 2019 at 04:35PM
https://ift.tt/2pgtfFk

Wamenhan Trenggono: Perang Masa Depan Bukan Lagi Senjata, tapi Virus-Teknologi - Detiknews
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wamenhan Trenggono: Perang Masa Depan Bukan Lagi Senjata, tapi Virus-Teknologi - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.