Search

Tingkatan Teknologi Kendaraan Otonom, Mulai Kendali Jelajah Hingga Tak Lagi Punya Setir - Okezone

JAKARTA - Arah kemajuan teknologi kendaraan bermotor saat ini tidak hanya bergeser kepada penggunaan rangkaian penggerak terlektrifikasi. Sejumlah produsen bahkan sudah membuka kemungkinan untuk mengembangkan kendaraan atau mobil tanpa pengemudi atau otonom.

Terdapat enam tingkatan berbeda dalam penggolongan kendaraan otonom berdasarkan Asosisasi Insinyur Otomotif Internasional (SAE). Tahapan tersebut secara resmi sudah diterapkan oleh Departemen Transportasi Amerika Serikat, sebagai negara yang sudah mengintegrasikan kendaraan otonom.

 Mobil Otonom

Golongan terendah dalam tahapan teknologi kendaraan otonom ini adalah level 0. Hal ini mengacu kepada suluruh kendaraan bermotor, yang sepenuhya masih membutuhkan kendali maupun kerja kemudi dinamis dari sisi manusia sebagai pengendara. Oleh karenanya, kendaraan tipe ini tidak digolongkan sebagai kendaraan otonom.

Bagi kendaraan dengan golongan Level 1, prinsip kerjanya memang masih sama dengan model pada Level 0. Namun, hal yang memberi perbedaan adalah penerapan sejumlah fitur penunjang pengendara (Driving Assistance). Contohnya, teknologi Cruise Control sebagai sistem otonom tunggal yang memberi bantuan pada pengendalian dan akselerasi kendaraan.

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
October 12, 2019 at 10:07PM
https://ift.tt/2oDdvMj

Tingkatan Teknologi Kendaraan Otonom, Mulai Kendali Jelajah Hingga Tak Lagi Punya Setir - Okezone
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tingkatan Teknologi Kendaraan Otonom, Mulai Kendali Jelajah Hingga Tak Lagi Punya Setir - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.