Search

Theranos, Satu Kisah Sisi Gelap Startup Teknologi Teknologi • 19 menit yang lalu - CNN Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 08/10/2019 10:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Perkembangan perusahaan rintisan (startup) dalam kurun lima tahun terakhir melesat sangat cepat. Elizabeth Holmes merupakan salah satu sosok muda yang sempat menginspirasi setelah sukses lewat Real-Time Cures. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi Theranos, startup kesehatan yang fokus pada pengujian sampel darah untuk mendiagnosa penyakit.

Pada 2014, Holmes menjadi sosok yang dianggap jenius berkat ide revolusionernya membuat alat medis pemantau kesehatan. Namun, Holmes kemudian harus mengubur mimpinya setelah semua kebohongannya terbongkar.

Mahasiswi Stanford University berusia 18 tahun ini pada 2003 mengemukakan ide brilian kepada profesornya, Channing Robertson. Kala itu, Robertson secara spontan menantang Holmes untuk memulai usaha. Holmes kemudian merekrut ahli biokimia asal Inggris Ian Gibbons

Mengutip Fortune, ide Holmes terbilang sederhana, menciptakan penutup lengan atau sarung tangan yang bisa mengambil setetes sampel darah untuk memeriksa adanya penyakit menular. Jika terdeteksi positif, maka pasien akan langsung diberikan antibiotik.

Kendati tak merampungkan studi di Stanford, kemampuan Holmes memimpin perusahaan membuat Theranos mulai mendapat kepercayaan dari investor. Pemodal Tim Draper menyuntikkan dana untuk modal awal operasional perusahaan.

Holmes menggunakan modal tersebut untuk menyewa ruangan yang dipakai sebagai laboratorium dan merekrut karyawan. Sejak saat itu, sedikit-sedikit Theraon mulai mendatangkan penghasilan.

Ketakutannya pada jarum suntik menjadi inspirasi Holmes untuk mengembangkan layanan, bisnis, dan teknologi kesehatan. Pada 2005, Theranos mengantongi 23 paten teknlogi, termasuk ide untuk merevolusi cara masyarakat mendiagnosa penyakit dengan mudah dan murah.

Salah satu paten yang dikantongi Theranos berjudul "Medical Device for Analyte Monitoring and Drug Delivery" dengan nomor seri US7291497B2. Dalam keterangannya, paten tersebut merupakan perangkat medis yang bisa dicerna, ditanamkan, atau dipakai pengguna. Ada jugaagen bioaktif yang masuk ke tubuh pengguna untuk bekerja menganalisa penyakit yang kemungkinan diderita.

Perangkat medis yang dikembangkan Theranos menawarkan 240 tes penyakit mulai dari kolesterol hingga kanker, dengan menggunakan setetes darah. Menariknya, layanan yang dikembangkan Theranos menghilangkan komponen kunjungan laboratorium karena hasilnya bisa diterima pengguna dalam waktu 15 menit.

Agar perangkat yang dikembangkan bisa dipakai secara luas, Theranos sukses melobi aturan di Amerika Serikat untuk memberikan izin pada masyarakat melakukan tes darah tanpa rekomendasi dokter.

Theranos menjual alat serupa jarum suntik - dengan kuran yang lebih kecil. Alat ini dipakai untuk mengambil sampel darah yang dibutuhkan untuk analisa. Setelah darah diambil akan dimasukkan ke sebuah alat pembaca data untuk menampilkan diagnosa penyakit yang diderita.

Data yang dikumpulkan kemudian dianalisa menggunakan komputer Theranos. Dibandingkan jasa konsultasi dan pemeriksaan lab dokter, Theranos membanderol layanannya relatif terjangkau. Misalnya, analisis hemoglobin dihargaai US$1,63 dan analisis kolesterol US$2,99.

Berkat kemudahan ini, Theranos diminati banyak kalangan - tak terkecuali investor. Pada 2004, perusahaan ini mendapat pendanaan US$6,9 juta, US$16 juta pada 2005.

Pendanaan terus meningkat seiring dengan ketertarikan pengguna, pada 2006 perusahaan mendapat suntikan US$28,5 juta dan meningkat drastis hingga US$400 juta pada 2014.

Data Crunchbase mengungkap startup tersebut melakukan 10 kali pencarian dana, dengan total memperoleh pendanaan sebesar US$1,4 miliar. Salah satu investor terbesar Theranos ialah Puget Sound Venture Club, yang mengucurkan uang lebih dari US$500 juta. Theranos kemudian melesat menjadi salah satu startup langka berstatus unicorn dengan valuasi sebesar US$9 miliar. (evn)

1 dari 2

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
October 08, 2019 at 10:00AM
https://ift.tt/2ASNXxi

Theranos, Satu Kisah Sisi Gelap Startup Teknologi Teknologi • 19 menit yang lalu - CNN Indonesia
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Theranos, Satu Kisah Sisi Gelap Startup Teknologi Teknologi • 19 menit yang lalu - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.