Search

Bukalapak Gunakan Teknologi Chat Qiscus - Investor Daily

JAKARTA, investor.id - Qiscus, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi real-rime communication (RTC), dipercaya oleh Bukalapak, untuk mengembangkan fitur percakapan (chat) yang mengedepankan aspek skalabilitas dan reliabilitas. Qiscus menghadirkan fitur chat yang aman dan nyaman kepada jutaan pengguna Bukalapak.

Dalam beberapa tahun terakhir, implementasi chat sebagai fitur di dalam sebuah aplikasi merupakan hal yang strategis. Sebuah riset dari Forrester Consulting menyebutkan bahwa fitur chat yang ada dalam sebuah aplikasi dapat meningkatkan pengembalian investasi (return on investment/ROI) hingga sebesar 305%.

Hal tersebut dikarenakan keberadaan fitur chat dapat membantu bisnis sebuah perusahaan untuk mengefektifkan servis yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan engagement antara perusahaan dan konsumen.

VP Engineering Bukalapak Ibrahim Arief mengatakan, pihaknya juga meyakini keberadaan chat sebagai fitur yang cukup vital bagi kelancaran transaksi sebuah bisnis. “Chat digunakan sebagai medium komunikasi yang efektif bagi rekanan dan pelanggan untuk saling memahami kebutuhan masing-masing,” ujar Ibrahim, dalam keterangannya, Rabu (2/10).

Menurut dia, adanya komunikasi yang efektif akan menghadirkan solusi dan program yang inovatif. Kendati demikian, dengan tingginya pertumbuhan bisnis di Bukalapak, adanya fitur chat memerlukan usaha yang keras, khususnya dalam teknis pengembangan fitur lanjutan maupun optimasi penggunaan server yang berpengaruh pada biaya operasional.

Ibrahim menjelaskan, dengan menggandeng rekanan yang ahli di bidang chat, kini, Bukalapak dapat mengefektifkan kinerja tim teknis, sehingga dapat lebih fokus pada optimasi di bisnis utamanya.

“Sebagai hasil kerja sama tim engineering kami dan Qiscus, kami bisa mengefektifkan penggunaan server sebesar empat kali lipat, penggunaan bandwidth sebesar 20 kali lipat, dan menekan biaya yang kami keluarkan,” tambahnya.

CEO sekaligus Co-Founder dari Qiscus Delta Purna Widyangga menuturkan, Qiscus dipilih sebagai rekanan dalam kerja sama tersebut dikarenakan pengalaman Qiscus sebagai perusahaan yang ahli di bidang pengembangan teknologi chat.

“Selain itu, adanya kesamaan visi dan misi dengan Qiscus untuk menjadi perusahaan lokal yang menyajikan teknologi berkelas dunia untuk kesejahteraan konsumen juga menjadi perekat yang menarik,” ucap dia.

Di sisi lain, Delta mengungkapkan, kerja sama tersebut merupakan hal yang cukup menantang bagi Qiscus. Meskipun mendaulatkan diri sebagai pionir pengembang teknologi chat di Indonesia, menangani klien sebesar Bukalapak tetap memiliki tantangan tersendiri.

Salah satu tantangannya, bagaimana kita dapat mengaplikasikan best practice teknologi untuk dapat mengoptimalkan inhouse system chat Bukalapak agar tetap beroperasi sebagaimana mestinya walaupun sedang dilakukan pembaruan sistem.

Hal tersebut penting mengingat saat ini Bukalapak telah digunakan oleh puluhan juta pengguna di Indonesia yang membutuhkan layanan yang selalu optimal. Sementara itu, proses optimasi sistem chat Bukalapak sangat besar dan cukup kompleks karena meliputi perubahan arsitektur dari fitur chat.

“Namun, pada saat yang sama, kami dituntut untuk tidak boleh mengganggu performa aplikasi,” ujar Delta, menerangkan.

Dengan perubahan yang mendasar dari segi arsitektur, Delta berharap, performa chat di aplikasi Bukalapak dapat terus mampu menangani trafik dari pelanggan yang terus membesar di dalam bisnis Bukalapak. Hal tersebut juga selaras dengan komitmen Bukalapak yang ingin terus menghadirkan teknologi yang inovatif untuk menunjang perkembangan bisnis maupun kepuasan penggunanya.

Sumber : Investor Daily

Berita Terkait

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
October 03, 2019 at 07:00AM
https://ift.tt/2oGo3KA

Bukalapak Gunakan Teknologi Chat Qiscus - Investor Daily
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bukalapak Gunakan Teknologi Chat Qiscus - Investor Daily"

Post a Comment

Powered by Blogger.