Search

Hindari Penipuan, Dukcapil Kembangkan Teknologi Biometrik - BeritaSatu

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Gunawan, mengatakan tengah mengembangkan teknologi biometrik untuk menghindari penipuan berbasis social engineering yang belakangan marak terjadi.

Mendagri Minta Kepala Daerah Bangun CCTV Terkoneksi Dukcapil

"Kita sedang mengembangkan teknologi biometrik, itu akan lebih akurat lagi, karena tetap pakai NIK, plus biometrik nanti, misalkan sederhana foto wajah atau fingerprint, jadi nempel NIK nya tinggal ditambahi biometrik itu semakin akurat lagi," ujar Gunawan usai penandatanganan kerja sama Ditjen Dukcapil dengan LinkAja di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Penipuan berbasis social engineering beberapa cirinya adalah meminta OTP dan meminta transfer uang di luar prosedur. Penipuan model tersebut marak terjadi belakangan ini dengan korban dari berbagai latar belakang, bahkan tokoh masyarakat.

Gunawan mengatakan, Ditjen Dukcapil membuka opsi tersebut kepada seluruh perusahaan atau startup finansial teknologi untuk lebih melindungi data penggunanya.

Dukcapil Tegaskan Tak Ada Pemberian Data NIK

"Sepanjang dia memenuhi syarat untuk melakukan kerja sama, dan sudah siap teknologi untuk biometriknya, siap. Pertanyaannya, sudah siap belum aplikasinya, sudah siap belum jaringannya," kata Gunawan.

Lebih lanjut, Gunawan mengatakan, pengembangan teknologi biometrik tersebut dalam rangka membangun prosedur SOP secara teknis untuk mengantisipasi social engineering.

Sementara itu, layanan keuangan digital LinkAja, yang baru saja meresmikan kerja sama dengan Ditjen Dukcapil untuk meningkatkan fungsi proses verifikasi dan validasi identitas pengguna, mengatakan tertarik untuk mengadopsi teknologi biometrik ke dalam aplikasinya.

"Segera mungkin, enggak mungkin berbulan-bulan. Demi keamanan dan juga kenyamanan untuk pelanggan," ujar Direktur Operasi LinkAja, Haryati Lawidjaja.

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
January 17, 2020 at 06:37PM
https://ift.tt/38dY9z9

Hindari Penipuan, Dukcapil Kembangkan Teknologi Biometrik - BeritaSatu
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hindari Penipuan, Dukcapil Kembangkan Teknologi Biometrik - BeritaSatu"

Post a Comment

Powered by Blogger.