Search

Wow! Teknologi Ini Bisa Deteksi Kanker Payudara Lebih Baik dari Dokter - Suara.com

Suara.com - Kanker payudara merupakan salah satu kanker paling umum yang menyerang perempuan di dunia.

Kanker payudara jauh lebih mudah untuk diobati jika diketahui sejak dini, karenanya pemeriksaan rutin dan diagnosis yang akurat memainkan peran penting.

Dunia kesehatan juga berkembang seiring dengan teknologi. Sekarang, teknologi kecerdasan buatan (AI) telah terbukti mendeteksi kanker payudara lebih baik daripada dokter sungguhan.

Di Inggris, semua perempuan di atas usia 50 tahun disarankan untuk memeriksakan payudara secara rutin lewat mammogram, pemeriksaan yang menggunakan rontgen payudara setiap tiga tahun. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi tanda-tanda munculnya kanker jauh sebelum benjolan terlihat.

Hasil mammogram biasanya akan diperiksa oleh dua dokter independen, tetapi terkadang tidak menghasilkan diagnosis atau salah mendiagnosis.

Karena adanya kesalahan tersebut, para peneliti di Google Health melatih model AI untuk mendeteksi kanker payudara dari hasil mammogram perempuan di Inggris dan Amerika Serikat.

Hebatnya, meskipun tidak mengetahui tentang sejarah medis pasien, AI mampu mengidentifikasi kanker seperti dokter sungguhan dan mengurangi jumlah kesalahan diagnosis dalam berbagai aspek.

Di Amerika Serikat, AI mengurangi kesalahan diagnosis kanker payudara sebesar 5,7 persen. Sedangkan di Inggris, penurunan kesalahan diagnosis sebesar 1,2 persen.

Sementara, untuk proporsi kasus diagnosis yang tidak diketahui menurun sebesar masing-masing 9,4 persen dan 2,7 persen untuk pasien di Amerika Serikat dan Inggris.

Para peneliti menyebut bahwa AI dapat membantu beban kerja dokter yang sangat sibuk.

Dua dokter ahli akan memeriksa hasil mammogram, salah satu dari mereka dapat membandingkan kesimpulan atau diagnosis miliknya dengan AI.

Jika keduanya tidak setuju, seorang dokter lainnya akan memeriksa pemindaian. Tim peneliti percaya ini akan mengurangi beban kerja dokter tersebut sebanyak 88 persen.

"Sebutkan negara di mana Anda dapat menemukan seorang perawat atau dokter yang tidak sibuk. Ada peluang bagi teknologi ini untuk mendukung layanan bagi manusia," ucap Dominic King, pimpinan Google Health, seperti yang dikutip dari IFL Science.

Ini bukan pertama kalinya AI terbukti mampu mengalahkan manusia dalam hal diagnosa medis.

Tak hanya kanker payudara, teknologi ini bahkan lebih baik daripada dokter dalam mendeteksi kanker kulit, penyakit mata, dan melihat tanda-tanda penyakit Alzheimer bertahun-tahun sebelum gejala penyakit yang dikenal muncul.

Tim peneliti berharap penelitian di masa depan akan membangun penemuan tersebut dan menentukan apakah AI benar-benar harus digunakan secara klinis.

Pendeteksian yang lebih baik dari sistem AI membuka jalan bagi uji klinis untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi pemindaian kanker payudara.

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
January 11, 2020 at 11:59AM
https://ift.tt/2QGE4vi

Wow! Teknologi Ini Bisa Deteksi Kanker Payudara Lebih Baik dari Dokter - Suara.com
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wow! Teknologi Ini Bisa Deteksi Kanker Payudara Lebih Baik dari Dokter - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.