Search

Ini Teknologi yang Bakal Dipakai Buat Bayar Tol Tanpa Setop di RI - Detikcom

Jakarta -

Sistem multi lane free flow (MLFF) segera diterapkan pada transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia. Dengan sistem MLFF, pengguna tol tak perlu lagi berhenti di gerbang tol untuk menempelkan uang elektroniknya di mesin pembaca.

Direktur Perumusan Kebijakan dan Evaluasi, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry TZ mengatakan Indonesia akan menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk program tersebut. Hal ini mengacu kepada teknologi yang ditawarkan oleh Roatex Ltd. Zrt, perusahaan Hongaria yang menjadi pemrakarsa proyek ini.

"Iya pakai GNSS, jadi semua peserta lelang nanti harus menyesuaikan," katanya saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2020).

GNSS merupakan sistem pembayaran yang menggunakan alat yang dipasang di mobil dan dibaca lewat satelit. Penerapan jalan berbayar ini tanpa perlu memasang infrastruktur, seperti gantry atau juga gerbang tol yang rumit namun memerlukan biaya investasi yang cukup tinggi, baik pada badan usaha maupun pengguna.

"Salah satu kelebihannya kalau pakai GNSS, kalau expand dia akan lebih mudah dan cepat," kata Herry.

GNSS akan menggunakan satelit sebagai sinyal penangkap alat yang dipasang di kendaraan. Penggunaan GNSS banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur seperti Jerman, Hungaria, Ceko dan Polandia.

Untuk mengimplementasikan teknologi ini, akan diterapkan terlebih dahulu RFID sebagai pendataan kendaraan. Setelah itu, GNSS bisa dimulai.

"Ketika dia sudah ditetapkan pemenang, mereka harus instalasi dulu. Kan tantangan kita bagaimana mereka 100% terdaftar. Untuk itu nanti dipasang RFID, tapi tetap pakai single lane. Dia kebuka, tapi tidak harus tapping lagi," jelas Herry.

Simak Video "Kementerian PUPR Optimalkan Waduk untuk Antisipasi Kekeringan "
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ara)

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
January 23, 2020 at 12:21PM
https://ift.tt/2Gir3SR

Ini Teknologi yang Bakal Dipakai Buat Bayar Tol Tanpa Setop di RI - Detikcom
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Teknologi yang Bakal Dipakai Buat Bayar Tol Tanpa Setop di RI - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.