Search

Bayar Tol Tanpa Berhenti dengan Teknologi GNSS, Apa Itu? - Okezone

JAKARTA - Investor asal Hongaria ingin investasi teknologi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) pada Gerbang Tol di Indonesia. Lewat teknologi ini memungkinkan pengendara tidak perlu berhenti untuk membayar tol di gerbang tol.

Direktur Perumusan Kebijakan dan Evaluasi, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Hery TZ mengatakan perusahaan asal Hungaria tersebut menawarkan teknologi GNSS atau Global Navigation Satellite System (GNSS). Teknologi ini jauh lebih murah dibandingkan dengan Radio Frequency Identificatio atau Pengenal Frekuensi Radio (RFID).

 Baca juga: Ikut Proyek Bayar Tol Tanpa Henti, Berapa Investasi yang Digelontorkan Hongaria?

GNSS merupakan sistem pembayaran yang menggunakan alat yang dipasang di mobil dan dibaca lewat satelit. Penggunaan GNSS banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur termasuk Hongaria.

"Jika dibandingkan dengan RFID (Radio Frequency Identification atau Pengenal Frekuensi Radio) yang telah diterapkan saat ini membutuhkan alat pembaca di setiap tempat, tapi kalau satelit alat pembacanya tidak harus di setiap tempat. Sehingga bisa lebih murah," ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Jumat (24/1/2020).

 Baca juga: Hongaria Minat Investasi di Tol Nonstop, Menteri Basuki: Harus Ikut Lelang

Meskipun begitu, Hery menyatakan penerapan teknologi nirsentuh (MLFF) pada gerbang jalan tol akan dilakukan secara bertahap dengan peralihan ke sistem RFID terlebih dulu. Sebab kendaraan harus dilakukan registrasi terlebih dahulu sebelum penggunaan teknologi nrisentuh ini diterapkan

"Kalau teknologi MLFF nanti semua kendaraan harus diregistrasi terlebih dulu, sehingga pada tahap awal akan dipakai dulu sistem RFID untuk meregister. Setelah semua 100% terdaftar baru pindah ke GNSS," jelasnya.

 Baca juga: Hongaria Mau Investasi Proyek Bayar Tol Tanpa Berhenti di Indonesia

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Hungaria siap memberikan dukungan teknologi Nirsentuh alias Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk pembayaran tol di Indonesia. Untuk mengimplementasikan hal tersebut, saat ini pemerintah Hungaris siap menyiapkan dokumen untuk ikut dalam proses tender atau lelang.

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
January 24, 2020 at 11:46AM
https://ift.tt/2RoqcWQ

Bayar Tol Tanpa Berhenti dengan Teknologi GNSS, Apa Itu? - Okezone
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bayar Tol Tanpa Berhenti dengan Teknologi GNSS, Apa Itu? - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.