Search

Covid-19 "Paksa" Guru Beradaptasi dengan Teknologi - SUARA NTB

Salah seorang guru di Mataram sedang mengecek tugas siswa lewat aplikasi Google Classroom. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Kebijakan pemerintah yang meliburkan seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah pascawabah Covid-19 berdampak positif. Khusus bagi para guru, penghentian sementara belajar tatap muka di kelas jadi momentum meningkatkan kualitas dan kemampuan adaptasi mereka terhadap perkembangan teknologi.

Ketua PGRI NTB Muhammad Yusuf, menegaskan adanya dampak positif tersebut terhadap peningkatan kualitas guru dalam menggunakan teknologi pembelajaran dalam situasi saat sekarang ini.

Menurutnya berdasarkan hasil monitoring evaluasi terhadap para guru yang dilakukan secara daring melalui aplikasi e-learning. Guru-guru, kata Yusuf, perlahan dan pasti telah mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“Ada e monitoring belajar pasca-Covid-19. Hasil pengawasan sementara, kita monitoring lewat aplikasi e-Monev,” jelas Yusuf.

Diakuinya, berdasarkan hasil pemantauan terhadap para guru dalam menjalankan aktivitas pembelajaran dengan sistem daring, para guru sudah mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan sangat baik. “Saya lihat progress teman-teman guru,” kata dia mengapresiasi langkah adaptif para guru.

Selain itu, ujarnya, guru mampu menjalankan proses belajar mengajar sistem daring melalui beragam aplikasi yang tersedia. Paling umum digunakan adalah menggunakan Google Classroom dan Google Form. “Ini bisa dipakai, bisa juga kalau tidak bisa pakai itu bisa menggunakan aplikasi WA,” kata Yusuf, kemarin.

Meski mengaku sangat puas dengan hasil monitoring itu, Yusuf mengakui masih ada juga guru yang belum familiar dengan penggunaan teknologi. Namun jumlahnya sangat sedikit. Dia pun mendorong agar senantiasa tetap belajar beradaptasi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi manusia. “Kita dorong yang belum familiar dan belum menguasai IT untuk terus belajar,” ujarnya. (dys)

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
April 02, 2020 at 09:21AM
https://ift.tt/3aBJsY5

Covid-19 "Paksa" Guru Beradaptasi dengan Teknologi - SUARA NTB
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Covid-19 "Paksa" Guru Beradaptasi dengan Teknologi - SUARA NTB"

Post a Comment

Powered by Blogger.