Search

LAPAN Ungkap Pemantauan Hilal Sudah Gunakan Teknologi Canggih - iNews

JAKARTA, iNews.id - Sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1441H digelar hari ini. Sidang akan dimulai dengan pemantantauan hilal dan hasilnya akan menjadi dasar pengambilan keputusan sidang.

Guna memantau hilal, para perukyat sudah menggunakan peralatan modern. Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, perukyat sudah banyak menggunakan aplikasi astronomi untuk mengetahui proses hilal.

“Sekarang ada banyak yang gratis maupun berbayar, yang gratis misalnya Stellarium,” kata Thomas sebagaimana dikutip dari Sindonews.

Para perukyat, kata Thomas, juga membawa teleskop yang umumkan sudah dilengkapi otomatisasi komputer. Alhasil, bisa langsung mengarah ke posisi Bulan.

Selain itu, perukyat menggunakan kamera digital agar citranya bisa diolah dengan perangkat lunak astronomi supaya kontrasnya bisa ditingkatkan.

Namun, yang menjadi masalah utama rukyat adalah kontras antara hilal yang sangat tipis dan cahaya senja (syafak) yang masih terang. Sementara masih ada peralatan lama yang biasanya digunakan seperti gawang lokasi untuk mengarahkan pengamatan, binokuler, dan teleskop manual.

 

Editor : Dini Listiyani

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
April 23, 2020 at 03:06PM
https://ift.tt/2VOsnEs

LAPAN Ungkap Pemantauan Hilal Sudah Gunakan Teknologi Canggih - iNews
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "LAPAN Ungkap Pemantauan Hilal Sudah Gunakan Teknologi Canggih - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.