Search

Google dan Apple Kerjasama Kembangkan Teknologi Untuk Perangi Covid-19 | merdeka.com - merdeka.com

Merdeka.com - Di tengah pandemi Covid-19, banyak hal bisa terjadi. Salah satunya adalah dua kompetitor yang justru saling bekerjasama demi menciptakan teknologi yang berguna bagi umat manusia.

Melansir Phone Arena, Google dan Apple baru saja mengumumkan bahwa keduanya menggunakan teknologi bernama Bluetooth Low Energy atau BLE, untuk mereduksi persebaran virus corona.

Dimulai bulan depan, dua raksasa teknologi dunia ini akan merilis API untuk iOS dan Android untuk menjalankan aplikasi dari otoritas kesehatan publik terkait. Aplikasi ini bisa diunduh di App Store dan Google Play.

1 dari 1 halaman

Dalam kerjasama lanjutannya nanti, keduanya akan mengembangkan platform Bluetooth, yang tujuannya adalah membuat lebih banyak orang untuk ikut berpartisipasi menggunakan platform tersebut di smartphone mereka.

Cara kerjanya, ketika seseorang memilih ikutserta, ia diwajibkan untuk mengungkap apakah ia terjangkit Covid-19 atau tidak. Jika iya, aplikasi memperingatkan orang yang ada di sekitarnya bahwa mereka berada di dekat seseorang yang dites positif virus.

Proses ini disebut "contact tracking" atau pelacakan kontak. Teknologi ini tidak menggunakan pelacakan lokasi, namun melacak sinyal dari smartphone terdekat tiap lima menit, dan menyimpan koneksinya dalam database.

Jika dalam beberapa hari kemudian salah satu pihak teruji positif Covid-19, pengguna bisa memberi tahu aplikasi, dan aplikasi bisa memberi tahu semua orang yang tersimpan di database yang pernah kontak atau berdekatan dengan si pasien positif.

Apple dan Google seniri dalam pernyataan bersamanya menyebut bahwa tidak pernah ada momen yang lebih penting untuk bekerja sama demi menyelesaikan salah satu masalah paling mendesak di dunia.

Lewat kerja sama yang erat dan kolaborasi dengan pengembang, pemerintah, dan penyedia kesehatan publik, keduanya berharap untuk memanfaatkan kekuatan teknologi untuk memperlambat persebaran Covid-19 dan memulihkan kehidupan secara normal. [idc]

Baca juga:
iPhone 9 Bakal Dirilis April Mendatang?
iOS 14 Dilaporkan Bawa Fitur Aplikasi Tanpa Instal, Seperti Apa?
Ini Bocoran Bentuk 'Poni' Dari iPhone 12 Pro 5G, Yes or No?
iPhone 12 Pro 5G Akan Bawa Sensor Kamera LiDAR
Paten Baru Apple Ungkap iPhone Dapat Digunakan di Bawah Air
Tercebur Sungai Selama 2 Bulan, iPhone 8 Ini Masih Menyala

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
April 14, 2020 at 09:45AM
https://ift.tt/2Ry8Q9M

Google dan Apple Kerjasama Kembangkan Teknologi Untuk Perangi Covid-19 | merdeka.com - merdeka.com
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Google dan Apple Kerjasama Kembangkan Teknologi Untuk Perangi Covid-19 | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.