Search

Tips Kerja dari Rumah Agar Tetap Produktif: Manfaatkan Teknologi - detikInet

Jakarta -

Kerja dari rumah alias work from home (WFH) adalah salah satu cara menghambat penyebaran virus corona. Berikut adalah tips WFH dari penyedia solusi human resource (HR) DataOn, pembuat Sunfish HR dan GreatDay HR.

Menurut Gordon Enns, Founder dan CEO Sunfish HR dan GreatDay HR, implementasi WFH membutuhkan solusi teknologi yang bisa mendukung produktivitas karyawan selama bekerja dari rumah. Dalam keterangan yang diterima detikINET, Enns membeberkan sejumlah tips WFH ala Sunfish HR dan GreatDay HR.

  1. Konektivitas dan Teknologi
    Atasan dan karyawan yang bekerja dari rumah harus bekerjasama untuk memastikan bahwa karyawan yang WFH mendapatkan teknologi yang tepat, perangkat, bandwidth dan koneksi yang aman untuk menjalankan tugasnya secara efektif.
  2. Alat Komunikasi
    Atasan harus menyediakan alat komunikasi yang baik seperti fitur chat, webcam, platform konferensi video dan lainnya agar karyawan tetap terhubung.
  3. Manajemen Performa
    Atasan sebaiknya menetapkan ekspektasi yang jelas akan jam kerja, penyampaian kerja, prioritas dan lainnya
  4. Membuat Ruang Kerja
    Tentukan ruang kerja dan pastikan itu diatur dengan benar, terhubung dan nyaman.
  5. Mengelola Gangguan
    Jika tinggal bersama anggota keluarga atau teman serumah, pastikan mereka mengenali kapan Anda membutuhkan privasi Anda untuk bekerja dan menghormatinya.
    Jadikan hari kerja Anda di rumah serupa mungkin dengan hari kerja Anda di kantor, misalnya, jangan terlibat dalam aktivitas lain saat Anda seharusnya bekerja.

Gordon juga menambahkan bahwa untuk mendukung praktek WFH tersebut, Sunfish HR dilengkapi berbagai fitur lengkap yang mendukung produktivitas seperti chat, timesheet activity, time & attendance report, dan company policy yang dapat diakses dengan mudah melalui sistem komputasi awan (Cloud).

Sementara itu bagi perusahaan yang menggunakan aplikasi GreatDay HR, untuk mendukung social distancing, karyawan bisa bisa menggunakan fitur komunikasi chat internal, teknologi geo-tagging dan activity recording.

Dengan fitur ini komunikasi antar karyawan tetap dapat dilakukan secara teratur, termasuk memantau aktifitas dan lokasi karyawan selama WFH secara real time.

Sunfish HR dan GreatDay HR paham betul urgensitas untuk mengandalkan teknologi dalam memaksimalkan skema WFH dan dukungan terhadap social distancing ini, tanpa harus mengurangi produktivitas karyawan.

Simak Video "Cegah Penyebaran Corona, KemenPAN-RB Minta ASN Tak Mudik Lebaran!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

Let's block ads! (Why?)



"teknologi" - Google Berita
April 03, 2020 at 10:50AM
https://ift.tt/2UGgG3k

Tips Kerja dari Rumah Agar Tetap Produktif: Manfaatkan Teknologi - detikInet
"teknologi" - Google Berita
https://ift.tt/2oXVZCr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Kerja dari Rumah Agar Tetap Produktif: Manfaatkan Teknologi - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.